Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Tujuan dan Lingkup

Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika merupakan media publikasi artikel orisinal hasil penelitian Pendidikan Fisika yang mencakup: penelitian pengembangan (inovasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, pembelajaran online, instrumen dan perangkat pembelajaran), penelitian tindakan kelas, penelitian survey dalam pembelajaran fisika, serta artikel sains fisika yang memberikan dampak terhadap perkembangan ilmu fisika. Artikel yang dimuat belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun secara utuh oleh media komunikasi lain. Jurnal Geliga Sains dapat pula menerbitkan artikel bidang fisika yang secara substansi sesuai dengan ketentuan JGS dari kerjasama pertemuan ilmiah SEMIRATA bidang MIPA yang diselenggarakan secara berkala oleh berbagai perguruan tinggi khususnya di wilayah Barat. Jurnal ini dipublikasikan secara berkala dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember, serta diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau


Format Naskah

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan atau dalam bahasa Inggris. Artikel ditampilkan dengan format justifikasi (rata kanan-kiri), ukuran huruf isi naskah 11 dengan batas margin: kiri 3 cm, kanan 2,5 cm, atas 3 cm, bawah 2,5 cm. Jenis huruf Times New Roman, 1 spasi, jumlah halaman 8–10 halaman, ukuran kertas A4  (21 cm x 29.5 cm) atau menggunakan format template yang sudah disediakan di web Jurnal Geliga Sains. Setiap artikel yang dikirim ke redaksi Jurnal Geliga Sains, baru akan diteruskan ke Dewan Reviewer untuk direview, jika telah memenuhi ketentuan dari aspek konten dan format penulisan yang sudah ditentukan. Artikel yang layak muat dikenakan kontribusi biaya proses penerbitan sebesar Rp 250.000 per artikel dan dikirim ke rekening Bank BRI Cabang Pekanbaru, No. 208701001250537 a.n. Ernidawati. Pengiriman naskah dilakukan melalui registrasi pada website JGS dan dilanjutkan submit artikel di website JGS, selanjutnya akan dilakukan proses peninjauan (reviewing).

Alamat Redaksi Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika

Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau (UNRI), Kampus Bina Widya Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293

Hp. 081268603885; 081268234134

e-mail: jgs@ejournal.unri.ac.id; geliga07@yahoo.co.id

Web: https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JGS


Sistematika Penulisan

  • Judul, ditulis dengan huruf awal setiap kata kapital [font 14], kecuali untuk kata depan atau kata hubung, dibuat secara informatif, singkat, tepat, dan menggambarkan hasil kajian.
  • Nama Penulis [Font 11], tanpa mencantumkan gelar akademik, dilengkapi nama institusi, dan alamat e-mail untuk kepentingan korespondensi.
  • Abstrak [Font 11], dalam dua bahasa yaitu Inggris (Abstract) dan dalam Bahasa Indonesia (Abstrak)  antara 180-220 kata, merupakan intisari permasalahan kajian, tujuan utama, metode, hasil kajian, dan intisari kesimpulan [Font 10].
  • Kata Kunci, dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia antara 3-5 kata [Font 10].
  • Pendahuluan [Font 12], berisikan latar belakang masalah kajian, menunjukkan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang didukung oleh teori dan kajian relevan terbaru terkait masalah, menjelaskan kebaruan dan tujuan kajian [Font 11].
  • Metode Penelitian Font 12], merupakan uraian secara singkat lokasi, alat dan bahan (jika diperlukan), jenis dan rancangan kajian, instrumen kajian, teknik pengumpulan dan analisis data [Font 11].
  • Hasil dan Pembahasan Font 12], merupakan uraian dan analisis hasil penelitian yang dapat disajikan datanya dalam bentuk tabel, gambar atau grafik disertai pembahasan dan analisis secara ilmiah yang komprehensif, didukung dengan referensi kajian yang relevan,  dan dapat menunjukkan temuan kajian secara eksplisit. Isi hasil dan pembahasan harus lebih banyak dibanding bagian lainnya [Font 11].
  • Kesimpulan [Font 12], berisikan rangkuman hasil kajan yang diperoleh, dituliskan secara singkat, padat, dan jelas sesuai urutan masalah yang dibahas. Kesimpulan disusun dalam bentuk paragraf [Font 11].
  • Penghargaan [jika diperlukan, Font 12], Sebagai ucapan terima kasih hanya ditujukan kepada pemberi sponsor atau pihak yang memberikan hibah penelitian [Font 11].
  • Daftar Pustaka [Font 12], memuat referensi yang benar-benar dijadikan rujukan dalam penulisan artikel, antara 15-30 referensi. Referensi dominan (>60%) menggunakan referensi dari jurnal nasional dan internasional yang relevan. Referensi disusun alpabetis dengan sistem APA Style edisi ke 6 yang mengedepankan family name [Font 11].

 

Penyerahan Naskah

Naskah untuk dipublikasikan di Jurnal Geliga Sains; Jurnal Pendidikan Fisika ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan sesuai dengan pedoman penulisan. Editor tidak akan menerima naskah yang tidak sesuai dengan ketentuan ini.

Jurnal Geliga Sains telah menggunakan pengelolaan penerbitan naskah ilmiah berbasis Open Journal System. Naskah yang diterima oleh editor dalam format Microsoft Office Word (*.docx) dan telah menggunakan template naskah yang telah disediakan. Penulis menyerahkan naskah dengan melakukan register (daftar) atau log in (bagi yang telah terdaftar) pada website https://jgs.ejournal.unri.ac.id/index.php/JGS/index, kemudian ikuti langkah selanjutnya untuk mengunggah (upload) naskah tersebut secara online.

*Video tutorial submit naskah onlinehttps://youtu.be/Eg0N8ljT6AY 

Naskah yang telah melewati seleksi dari dewan editor selanjutnya akan melalui proses peer-review. Penulis diberi kesempatan untuk merevisi artikelnya bila ada saran perbaikan dari reviewer. Naskah akan diterbitkan pada Jurnal Geliga Sains setelah dinyatakan layak untuk di-publish oleh dewan editor.

Untuk informasi lebih lanjut terkait teknis penyerahan naskah dapat menghubungi redaksi melalui email jgs@ejournal.unri.ac.id

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika memberikan akses terbuka (open access) kepada artikel yang dipublikasikan. Kebijakan ini berdasarkan prinsip bahwa hasil penelitian tersedia bebas untuk publik dan pengelola Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika mendukung penyebarluasan dan pertukaran pengetahuan global.

Artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis yang dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.